Villarreal Juara Liga Europa, Wakil Spanyol di Liga Champions Jadi Lima

7meter.news – Villarreal berhasil menjadi juara Liga Europa. Kesuksesan ini membawa Kapal Selam Kuning ke Liga Champions musim depan dan Spanyol punya lima wakil.

Villarreal berhadapan dengan Manchester United pada laga final yang berlangsung di Polsat Plus Arena Gdansk, Kamis (27/5/2021) dini hari WIB. Kedua tim bermain imbang 1-1 di waktu normal setelah Gerard Moreno lebih dulu membawa Villarreal memimpin di babak pertama hingga MU menyamakan di babak kedua lewat Edinson Cavani.

Skor 1-1 bertahan hingga tambahan 2×15 menit tuntas. Pemenang di laga ini pun harus dicari lewat adu penalti.

Ada 11 eksekutor maju dalam tahap ini. Semua penendang Villarreal menjalankan tugas dengan baik dan David De Gea satu-satunya dari MU yang gagal hingga membuat lawan menang 11-10.

Ini menjadi gelar juara Liga Europa pertama untuk Villarreal. Kapal Selam Kuning pun berhak ke Liga Champions musim depan lewat jalur ini, meski di LaLiga finis ketujuh.

Artinya, Spanyol punya lima wakil di Liga Champions musim depan. Sebelumnya ada Atletico Madrid selaku juara LaLiga, diikuti oleh Real Madrid, Barcelona, dan Sevilla.

Situasi ini juga pernah dialami Spanyol pada Liga Champions 2015/2016. Keberhasilan Sevilla menjadi juara Liga Europa 2014/2015 membuat wakil Spanyol menjadi lima.

“Klub ini sudah pernah bermain di Liga Champions dan kami akan menikmati kompetisi itu. Saya ingin memenangkan Liga Europa, tetapi saya ingin bermain di Liga Champions. Kami akan menikmati momen ini bersama para pendukung kami dan keluarga kami besok,” kata pelatih Villarreal, Unai Emery.