Maverick Vinales Ungkap Rahasia Performa Cemerlang di Musim Lalu

7meter.news – Pembalap tim Yamaha, Maverick Vinales menunjukkan peningkatan performa signifikan di pertengahan musim balap MotoGP 2019. Vinales mengungkap rahasianya.

Vinales sempat tampil kurang meyakinkan sampai seri balap ketujuh, dimana dia sudah tiga kali gagal menyelesaikan balapan.

Seri balap kedelapan menjadi titik balik pembalap asal Spanyol itu. Sebelumnya, gagal finis di GP Katalunya, Vinales secara mengejutkan mampu menjuarai GP Belanda.

Setelah itu, dia tercatat lima kali naik podium termasuk jadi yang terdepan di seri balap GP Malaysia. Peningkatan tersebut membuatnya menutup musim balap 2019 di peringkat tiga.

Kegemilangan Vinales berlanjut ke sesi tes pramusim MotoGP 2020 dimana mereka mendominasi catatan waktu terbaik.

Menurut Vinales cara adaptasi dengan motor menjadi kunci para pembalap Yamaha memperlihatkan hasil positif sejak pertengahan musim lalu.

“Ketika seorang pembalap Yamaha berada di depan, itu selalu bagus. Karena itulah bagaimana memahami cara mengendarai motornya dan bagaimana meningkatkannya,” kata Vinales kepada Speedweek.

Vinales menyambut baik bergabungnya Fabio Quartararo di tim Yamaha mulai 2021 mendatang. Dia menilai Quartararo adalah sosok ideal sebagai tandemnya.

Sebab pembalap asal Prancis dianggap mampu memaksimalkan potensi tunggangan Yamaha YZR-M1.

“Fabio sangat cocok dengan Yamaha, dia bisa mendorong begitu keras, terutama untuk mendapat waktu putaran. Kami memahami dan belajar dari itu di setiap balapan,” ujarnya.

Balapan MotoGP 2020 masih belum bisa dilangsungkan. Dorna Sports selaku operator balapan mewacanakan musim baru akan dimulai pada Juni mendatang dan seluruh balapan dipusatkan di Eropa.