Bundesliga Sudah Bergulir Lagi, Bagaimana Nasib La Liga?

7meter.news – Presiden La Liga, Javier Tebas, menyambut gembira dimulainya kembali Bundesliga. Tebas berharap Liga Spanyol bisa mengikuti langkah kompetisi tertinggi Jerman itu.

Bundesliga menjadi liga pertama di Eropa yang kembali memainkan pertandingan di tengah pandemi virus corona. Pada akhir pekan kemarin, Bundesliga telah memainkan pekan ke-26 yang sempat tertunda sejak Maret lalu.

Javier Tebas mengapresiasi kemampuan otoritas sepak bola Jerman bergerak cepat melanjutkan liga. Bergulirnya kembali Bundesliga mencuatkan optimisme kompetisi lainnya di Eropa bisa melakukan hal serupa.

“Saya senang kepada mereka. Saya sudah memberikan selamat kepada presiden Bundesliga. Mereka sudah bekerja sangat bagus dan saya bangga. Mereka adalah contoh untuk diikuti,” kata Tebas dikutip dari Marca.

Kebijakan pemerintah Kerajaan Spanyol melonggarkan aturan lockdown membuka kesempatan La Liga memainkan kembali sisa pertandingan.

Tebas menyebut liga ditargetkan bisa bergulir lagi tanggal 12 Juni mendatang. Namun, dia masih harus menunggu lampu hijau dari otoritas kesehatan.

“Hal itu akan ditentukan otoritas kesehatan. Kami masih belum memiliki tanggal yang ideal. Saya ingin segera menggelarnya kembali dan berusaha untuk melanjutkannya pada 12 Juni,” ujarnya.

Klub-klub La Liga sudah memulai latihan sejak pekan kemarin, meski masih bersifat individu. Meski begitu, Tebas tetap mengingatkan agar pihak klub tetap mengikuti protokol kesehatan yang berlaku.

“Mereka harus fokus. Setiap fase yang baru membuat klub berlatih dengan lebih banyak anggota, sehingga harus berhati-hati. Dengan upaya pencegahan, kami miliki, rasanya mustahil ada penularan saat latihan,” ucapnya.