Kiper Kelas Dunia, Tapi Ter Stegen Mengaku Tidak Tahu Apa-Apa Soal Sepak Bola, Kok Aneh?

DewaSport.asiaKiper Timnas Jerman dan Barcelona Marc-Andre Ter Stegen mengaku ia tak tahu apa pun soal sepak bola, terutama dalam urusan menyebutkan nama sesama pemain.

Ter Stegen sudah malang melintang di sepak bola Eropa bersama Barcelona. Ia pun sudah membantu Blaugrana memenangi banyak trofi juara.

Di antaranya Liga Champions dan La Liga. Ia juga meraih prestasi besar bersama timnas Jerman, yakni meraih trofi Piala Dunia.

Kiper berusia 27 tahun itu saat ini dianggap sebagai salah satu kiper terbaik di Eropa dan dunia. Namun demikian ada fakta yang cukup mengejutkan dari eks kiper Borussia Monchengladbach ini.

Pengakuan Ter Stegen

Marc-Andre Ter Stegen mengaku ia sempat mengatakan kepada teman-temannya bahwa ia tidak tahu apa-apa soal sepak bola. Kontan saja mereka tidak memercayainya.

“Orang-orang tertawa ketika saya memberi tahu mereka bahwa saya tidak tahu tentang sepak bola,” buka Ter Stegen dalam sebuah wawancara dengan El Pais.

“Saya tidak melihat banyak laga sepak bola, kecuali ketika ada pertandingan yang bagus atau ketika saya sangat tertarik pada satu laga karena saya memiliki hubungan [dengan klub itu] atau seorang teman [yang bermain di klub tersebut]. Kadang-kadang mereka menanyakan saya nama pemain dan saya tidak tahu,” ungkapnya.

Ingat Pergerakannya

Marc-Andre Ter Stegen mengatakan bahwa ia memang tidak ingat soal nama-nama pemain, pada awalnya. Akan tetapi ia akan bisa mengindentifikasi mereka dengan baik ketika melihat pergerakannya di atas lapangan.

“Di La Liga, misalnya, itu terjadi pada saya dengan nama-nama pemain. Saya tidak tahu siapa namanya. Tetapi kemudian, ketika mereka menunjukkan video itu kepada saya, saya menyadari bahwa saya tahu persis siapa itu,” terangnya.

“Saya ingat lebih baik bagaimana mereka bergerak di lapangan, bagaimana mereka menendang atau menonjol [permainannya di atas lapangan. Agak aneh, itu terjadi pada saya ketika kami menganalisis lawan,” seru Ter Stegen.