Drawing Copa America 2020: Socceroos Tantang Lionel Messi dkk

DewaSport.asiaTimnas Australia mendapat kesempatan menjajal kekuatan Tim Tango Argentina pada Copa America 2020 yang digelar di Argentina dan Kolombia, 12 Juni–12 Juli 2020.

Dalam undian (drawing) pembagian grup di Cartagena, Kolombia, Selasa (3/12/2019) waktu lokal atau Rabu, 4/12/2019 pagi WIB, Australia terjebak di Grup A (Zona Selatan) bersama Argentina, Uruguay, Cile, Paraguay, dan Bolivia.

Ini penampilan pertama Australia di turnamen negara-negara latin. Pelatih Australia Graham Arnold bertekad membuat kejuatan di turnamen edisi ke-47 ini.

“Mengapa kami tidak bisa pergi ke sana dan mengejutkan dunia dan mengalahkan Argentina di negara mereka sendiri?” kata Graham Arnold kepada wartawan.

Socceroos -julukan timnas Australia- merupakan salah satu dari dua tim undangan yang berpartisipasi dalam Copa America 2020 bersama juara Asia Qatar, yang tergabung dalam Grup B (Zona Utara) yang diisi tuan rumah Kolombia, juara bertahan Brasil, Peru, Venezuela, dan Ekuador.

Event kali ini menggunakan format baru yang memungkinkan empat tim dari masing-masing grup melaju ke perempat final.

Federasi Sepak Bola Australia sedikit lebih percaya diri bisa mencapai babak sistem gugur setelah melihat hasil undian tersebut. Sebab, Socceroos terhindar dari cuaca panas dan ketinggian wilayah Kolombia yang menjadi tuan rumh Gup B.

Di Grup A, pertandingan Socceroos akan dimainkan pada musim dingin Argentina yang merupakan iklim yang mirip dengan Australia.

“Ini akan menjadi lebih baik bagi kami karena saat musim dingin di Australia. Pada saat yang sama, pemain yang tampil di Eropa terbiasa bermain dalam cuaca dingin sehingga akan lebih cocok untuk kami,” kata Arnold.

Negara-negara yang diundang telah membawa tim pemuda atau tim di bawah 23 mereka ke turnamen Copa America sebelumnya, tetapi Arnold belum memutuskan apakah sia akan memperlakukan turnamen itu sebagai kesempatan untuk menguji anak-anak muda.

“Apakah saya melakukan itu atau tidak, itu adalah hal lain. Ini tentang tampil di turnamen ini dan menggunakan pengalaman hebat ini untuk memiliki pengalaman hidup yang luar biasa. Pergi ke sana untuk berharap memenangkan semua pertandingan, saya tidak pernah memikirkan perbedaan dari permainan apa pun,” ujarnya.

Socceroos akan melakoni kualifikasi Piala Dunia 2022 di kandang melawan Yordania pada 9 Juni sebelum melakukan perjalanan ke Argentina di mana mereka akan membuka kampanye Copa America melawan Uruguay, pada 14 Juni.

Tidak ada negara tamu yang memenangkan Copa, dengan Meksiko datang paling dekat dengan mencapai final pada tahun 1993 dan 2001. Empat tim teratas dari masing-masing grup di Copa America 2020 lolos ke perempat final. Turnamen dimulai pada 12 Juni 2020, di Buenos Aires dengan final akan diadakan di Bogota sebulan kemudian.