Bungkam PSIS, Persipura Akhiri Tren Buruk

DewaSport.asia – Persipura menang 2-0 atas PSIS pada laga pekan ke-30 Shopee Liga 1 2019 di Stadion Gelora Delta, Sidoarjo, Rabu (4/12/2019).

Hasil ini membuat Persipura menyudahi tren buruk dalam lima laga terakhir. Sebelumnya, Tim Mutiara Hitam kalah dari Bhayangkara FC (3-1), PSM Makassar (4-0), Persebaya Surabaya (1-0), dan Persija Jakarta (1-0), serta bermain imbang 2-2 melawan Bali United.

Berkat tambahan tiga poin ini, Persipura Jayapura naik ke posisi dua klasemen sementara Liga 1 2019 dengan nilai 47, tertinggal 16 poin dari Bali United yang telah memastikan titel juara.

Di sisi lain, PSIS Semarang masih menempati peringkat 14 dengan mengoleksi 37 poin. Mereka unggul tujuh angka atas Badak Lampung di peringkat 16, atau batas akhir zona merah.

Persipura mengawali pertandingan dengan baik. Laga baru berjalan delapan menit, Tim Mutiara Hitam berhasil unggul lebih dulu. Bola hasil tembakan keras kaki kiri Titus Bonai dari sudut sempit menghujam deras gawang PSIS.

Tertinggal satu gol, PSIS Semarang coba membalas. Wahyu Sugiyantoro memiliki kans untuk membawa Laskar Mahesa Jenar menyamakan kedudukan. Namun, bola hasil tendangan Wahyu masih bisa digagalkan kiper Persipura Jayapura, Dede Sulaiman.

Jelang babak pertama berakhir, Persipura dan PSIS saling jual beli serangan. Akan tetapi, sampai turun minum, skor 1-0 untuk keunggulan Tim Mutiara Hitam tetap bertahan.

Masuk paruh kedua, PSIS coba mengendalikan jalannya pertandingan. Namun, serangan Laskar Mahesa Jenar yang dibangun Komarudin, Hari Nur, dan Bruno Silva masih kandas di kaki pemain belakang Persipura.

Pada menit ke-73, Tim Mutiara Hitam berhasil menggandakan keunggulan. Umpan lambung Ibrahim Conteh dari sisi kanan mampu dikonversikan Mahamadou Samassa menjadi gol dengan sepakan kaki kiri.

Pada menit-menit akhir, PSIS Semarang masih belum menyerah dalam mencetak gol ke gawang Persipura. Sayangnya, upaya PSIS tersebut masih belum membuahkan hasil. Sampai laga berakhir, skor 2-0 untuk kemenangan Persipura Jayapura tetap bertahan.