Hasil Pertandingan Chelsea vs Valencia: Skor 0-1

 DewaSport.asia –  Chelsea memulai langkahnya di ajang Liga Champions dengan torehan buruk. Menghadapi  Valencia di Stamford Bridge hari Rabu (18/9/2019), skuat besutan Frank Lampard tersebut tumbang dengan kedudukan tipis 0-1.

The Blues tampil dominan dengan statusnya sebagai tuan rumah. Namun mereka kesulitan untuk membuat peluang karena Valencia menerapkan permainan bertahan dan sesekali melakukan serangan balik.

Mimpi buruk mereka muncul di babak kedua. Tendangan bebas Dani Parejo mengarah tepat ke Rodrigo Moreno yang telah menanti di kotak penalti Chelsea. Sang penyerang berhasil mengkonversi umpan tersebut menjadi gol.

Chelsea sendiri sempat mendapatkan peluang emas melalui titik putih setelah Daniel Wess kedapatan menyentuh bola di kotak terlarang. Tapi, Ross Barkley yang ditunjuk sebagai eksekutor justru gagal melakukan tugasnya dengan baik.

Babak Pertama

Chelsea tampak dominan dimulai sejak wasit memulai pertandingan. Tammy Abraham dkk melancarkan serangan demi serangan walau belum ada yang menghasilkan ancaman ke gawang Valencia di menit-menit awal.

Pada menit ke-16, kabar buruk menghampiri Chelsea. Mereka harus ditinggal oleh salah satu pemain andalannya, Mason Mount, karena mengalami cedera usai dilanggar Francis Coquelin beberapa menit sebelumnya. Ia digantikan oleh Pedro Rodriguez.

Peluang emas bagi Chelsea lahir pada menit ke-26. Tammy Abraham memberikan sedikit sentuhan untuk membelokkan umpan silang dari rekan setimnya, Cesar Azpilicueta. Sayangnya, bola belum mengarah tepat ke gawang Valencia.

Meski tampil dominan, namun Chelsea kesulitan untuk membongkar pertahanan Valencia yang bermain cenderung negatif dan bergantung pada serangan balik. Hingga menjelang babak pertama usai, belum ada lagi peluang emas yang bisa diciptakan oleh the Blues.

Di masa injury time, Chelsea sempat menebar ancaman. Azpilicueta kembali melepaskan umpan silang yang langsung disambut tendangan voli dari Willian. Kiper Valencia, Jasper Cillesen, melakukan aksi apik sehingga gawangnya tetap bersih dari kebobolan.

Babak Kedua

Situasinya masih sama, Chelsea tampil dominan sejak wasit memulai pertandingan kembali. Namun pertahanan ketat Valencia masih sulit untuk dibongkar oleh Willian dkk.

Melihat situasi, Lampard coba melakukan perubahan demi menambah daya gempur the Blues. Ia memasukkan Olivier Giroud untuk mengganti salah satu beknya, Kurt Zouma, pada menit ke-73.

Sayangnya mimpi buruk bagi mereka justru lahir satu menit setelahnya. Melalui skema tendangan bebas, Dani Parejo melepaskan umpan yang langsung disambut oleh Rodrigo di tiang dekat. Bola dibuat memantul sehingga Kepa Arrizabalaga kesulitan untuk menepisnya. 1-0 untuk Valencia.

Pada menit ke-85, Chelsea mendapatkan hadiah dari penalti oleh wasit. Titik putih ditunjuk begitu Daniel Wass kedapatan menyentuh bola di kotak terlarang. Ross Barkley ditunjuk sebagai eksekutor penalti.

Sayang, gelandang berkebangsaan Inggris tersebut gagal menunaikan tugasnya dengan baik. Tembakannya berhasil menipu Cillessen, namun bidikannya terlalu tinggi dan membuat bola melambung di atas gawang.

Chelsea terus berupaya hingga detik-detik terakhir. Jelang pertandingan berakhir, Marcos Alonso sempat membuat peluang menggunakan kaki kiri yang berhasil diselamatkan dengan baik oleh Cillessen. Kedudukan 1-0 untuk Valencia bertahan hingga pertandingan berakhir.