Lebih Hebat dari Neymar, Sterling Dinilai Layak Raih Ballon d’Or

 DewaSport.asia – Pandit Sepakbola, Tony Cascarino, menyanjung penampilan  Raheem Sterling saat Tim Nasional (Timnas) Inggris menang telak 4-0 atas Bulgaria. Pemain Manchester City itu menyumbangkan sebiji gol dan satu assist pada laga yang berlangsung di Wembley Stadium, Sabtu 7 September 2019, malam WIB.

Cascarino menilai Sterling memiliki kemampuan yang lebih hebat daripada megabintang Paris Saint-Germain (PSG) asal Brasil, Neymar Jr, sehingga layak meraih Ballon d’Or suatu saat nanti. Sterling memang berkembang dengan amat pesat sejak datang ke Man City pada musim panas 2015.

Sterling yang merupakan jebolan akademi Liverpool sudah menunjukkan tajinya dalam balutan seragam The Reds –julukan Liverpool. Akan tetapi, pemain berusia 24 tahun itu mencapai puncak permainannya ketika membela Man City apalagi setelah kedatangan Josep Guardiola sebagai pelatih pada musim 2016-2017.

Filosofi sepakbola Guardiola mengembangkan bakat Sterling ke tingkat lebih lanjut yang membentuk permainannya sekarang ini. Sterling jadi pemain sayap yang tak cuma piawai dalam mengirimkan umpan kepada penyerang tetapi juga mampu menuntaskan peluang menjadi gol.

Sterling saat ini sudah membuat enam gol untuk Man City di awal musim 2019-2020. Di antara enam gol itu lima dibuat Sterling di Liga Inggris sehingga untuk sementara waktu ia berada di posisi kedua dalam perburuan gelar top skor. Sterling berselisih satu gol dari rekan setimnya, Sergio Aguero, yang ada di posisi pertama.

Apabila Sterling bisa membawa Man City menjadi juara Liga Champions maka peluang untuk meraih Ballon d’Or dipercaya Cascarino akan terbuka semakin lebar. Akan tetapi, dengan catatan Sterling berperan besar dalam proses Man City menjadi jawaran Benua Eropa.

“Saya pasti akan berdebat soal dia (Sterling) berada di lima besar pemain top dunia. Apa yang membuat saya bersemangat tentang Sterling adalah peningkatan. Perbaikannya sangat dramatis. Jika dia memenangkan Liga Champions bersama Man City dan memainkan peran besar dalam hal itu, dan dia mencetak banyak gol selama musim ini, dia berpeluang besar untuk memenangkannya (Ballon d’Or),” ujar Cascarino, seperti yang dikutip dari Talk Sport, Senin (9/9/2019).

“Siapa yang ingin Anda miliki, Neymar atau Sterling? Saya lebih memilih Sterling sebagai pemain. Kurasa Sterling lebih baik di lapangan. Jumlah golnya lebih baik dan dia bermain di tim yang lebih baik. Saya telah melihat Neymar melakukan hal-hal yang tidak bisa dilakukan oleh pemain lain, seperti pemain sepakbola Harlem Globetrotter. Neymar bisa, Sterling jagoan Anda,” pungkasnya.