Mengenal Unai Emery, si Spesialis Liga Europa

7meter.news –  Unai Emery mencatatkan namanya sebagai pelatih pertama yang berhasil membawa dua klub berbeda berada di final  Liga Europa sebanyak empat kali. Tiga kesempatan pertama terjadi saat ia membesut Sevilla.

Kejayaan Sevilla selama berada di bawah asuhan Emery begitu terasa. Sejak menangani klub berjuluk Los Rojiblancos selama tiga musim (2013-2016), dia berhasil memberikan kontribusi besar dengan membawa Sevilla menjadi jawara bertahan selama tiga musim beruntun (2014-2016) di Liga Europa.

Stempel sebagai spesialis juara Liga Europa pun semakin menempel pada diri Emery setelah berhasil mengantarkan Arsenal lolos ke final. Kepastian itu didapat usai mengalahkan Valencia di leg kedua semifinal dengan skor 4-2.

Keempat gol Arsenal masing-masing dicetak Pierre-Emerick Aubameyang (17,’ 69′, dan 88′) dan Alexandre Lacazette (50′). Aubameyang menggarisbawahi namanya sebagai pemain  Arsenal pertama yang mencetak hat-trick di semifinal kompetisi Eropa.

Sementara sepasang gol Valencia dicetak Kevin Gameiro di menit 11 dan 58. Meriam London pun berhasil melangkahkan kakinya ke final Liga Europa untuk pertama kalinya sejak 2006 dengan kemenangan agregat 7-3.